Selasa, 05 Januari 2010

Survei Kelompok :Penerapan MIS pada MAHKOTA NEMO SPORT

Muhammad Nurul Fadli ( 0701102010086 )
Heri Ferdiansyah ( 0701102010064 )
Ilhamuddin ( 0701102010070 )

Gambaran Secara Umum

Obyek yang dijadikan sebagai penelitian adalah Toko alat olahragaMahkota Nemo Sport. Toko alat olahraga ini beralamat di Jln. T. Hasan Dek No. 56, Samping Dealer Kawasaki, Simpang Surabaya, Banda Aceh. Pemilik dari Toko alat olahraga ini ini adalah Firman Kamal, S.H. Toko alat olahraga ini didirikan pada Agustus 2008 yang menjual bermacam produk Olahraga seperti raket, sepatu, baju olahraga, Kaos Kaki Olahraga, Celana Training, Bermacam-macam Bola, Net, Perangkat Permainan Bisboll, Skipping, Catur, Baju Karate, Perangkat Bela Diri dan peralatan lainnya yang beraneka ragam.

Toko alat olahraga Mahkota Nemo Sport ini memiliki 2 karyawan yang bekerja setiap harinya. Toko ini buka setiap hari dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 18.00 malam. Karyawan yang bekerja pada toko ini diupah perbulan sebesar Rp. 500.000,- yang diberikan pada awal bulan.

Kondisi Sistem Informasi

Sistem informasi yang digunakan di tempat ini masih berupa sistem informasi yang diolah secara manual. Informasi ini didapatkan berupa struk atau nota penjualan. Informasi yang dibutuhkan untuk toko alat olahraga ini adalah berapa banyak produk yang habis terjual setiap bulannya, produk-produk apa saja yang dibutuhkan para konsumen yang belum mampu dipenuhi oleh toko tersebut, produk-produk yang persediaannya sudah mulai habis dan informasi yang dibutuhkan oleh para pemasok untuk memasok kebutuhan produk pada toko tersebut.

Model pengambilan keputusan yang digunakan adalah pengambilan keputusan secara langsung oleh pihak operasional tersebut. Manfaat yang dapat diberikan sistem informasi terhadap pengambilan keputusan adalah dapat mengurangi beban yang dimiliki pihak operasional dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi.

Toko alat olahraga ini mendapatkan informasi dari konsumen berupa kebutuhan konsumen dan produk yang dibeli oleh konsumen yang dapat diketahui dari laporan buku kas barang yang dibeli oleh konsumen.

Cara pemesanan barang yang dilakukan oleh toko alat-alat olahraga ini adalah melalyi telepon dengan pembayaran yang dilakukan melalui rekening. Biasanya sebulan sekali dengan mendatangi langsung supplier untuk mengecek barang baru atau mengambil sampel produk.

Supplier berasal dari sales langsung, Samudra Sport (Yonex, Mikasa), Aneka Sport, My Sport, Sinar Cahaya Sport, Neo Sport, Kana Music dan Aloy Music.

Produk yang dijual meliputi produk import dan local. Sedangkan konsumen berasal dari berbagai elemen masyarakat, meliputi beberapa pengda cabang olahraga, klub taekwondo, klub karate, cabang panahan dan klub olahraga lain.

Tujuan Penggunaan Sistem Informasi

Tujuan yang hendak dicapai dalam laporan ini adalah mengkomputerisasi dan mendokumenkan segala transaksi baik dengan konsumen maupun pihak distributor penyuplai bahan ataupun pihak eksternal dalam lingkup toko alat olahraga ini .

Hal ini dikarenakan kondisi toko-toko olahraga yang ada belum memanfaatkan penggunaan IT untuk efisiensi dan untuk mencatat produk yang telah terjual, system yang digunakan masih menggunakan system informasi manual yang hanya mengandalkan pencatatan manual dengan menggunakan media buku laporan produk yang laku terjual selama satu periode, biasanya satu periode dalam usaha penjualan dan aksesoris dari alat-alat olahraga ini adalah sebulan.

Penulis berharap dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen yang terpadu dan menggunakan Supply Chain Management, dapat membantu para pemilik toko khususnya toko alat-alat olahraga yang menjadi objek penelitian dan umumnya toko olahraga yang ada di Banda Aceh dan Sekitarnya dapat menerapkan penggunaan Sistem Informasi Manajemen yang terintegrasi sehingga memudahkan pencatatan produk yang laku terjual juga memudahkan transaksi yang akan dilakukan oleh pemilik toko alat-alat olahraga kepada pihak-pihak yang terkait seperti pada supplier untuk memesan barang dengan cara yang lebih efektif dengan bantuan penggunaan Sistem Informasi Manajemen.


Pengguna dari sistem informasi ini adalah :

1. Karyawan untuk membuat laporan penjualan penjualan.

2. Pemilik dari organisasi untuk merekap penjualan per bulan.

3. Konsumen untuk mendapatkan struk atau nota pembelian.

4. Supplier untuk mengetahui keadaan jumlah barang yang tersedia pada toko olahraga tersebut, dan

5. Pihak-pihak lain yang terlibat dalam penggunaan system informasi ini, seperti mahasiswa yang sedang melakukan penelitian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar