Selasa, 05 Januari 2010

Penerapan Sistem Informasi Manajemen "SABANG COMPUTER"


Deskripsi Obyek Secara Umum

Obyek yang dijadikan sebagai pengamatan adalah Rental “Sabang Computer” yang beralamat di Jln. Inong Balee No. 5A, Darussalam Banda Aceh. Pemilik dari rental komputer dan ini adalah Bp. Zainal Abidin, S.Com. Rental komputer ini didirikan pada tahun 2007 yang pada saat itu hanya menyediakan layanan rental komputer. Dari tahun ke tahun tempat ini berkembang dan saat ini telah menjadi rental komputer yang menyediakan minuman serta snack atau makanan kecil. Rental Sabang Computer Terdapat 5 pekerja yang bekerja setiap harinya. Rental dan ini buka setiap hari dari jam 08.00 pagi sampai dengan jam 21.00 malam. Karyawan yang bekerja pada rental ini bekerja secara shift yang terbagi menjadi 3 shift yaitu pada shift pagi mulai dari jam 08.00-13.00, shift siang mulai dari jam 13.00-18.00 dan shift malam dari jam 19.00-21.00. Rental ini memiliki 10 unit komputer dan 2 unit printer serta 1 unit scanner.

Kondisi Sistem Informasi

Sistem informasi yang digunakan di tempat ini masih berupa sistem informasi yang diolah secara manual. Informasi ini berupa struk atau nota penjualan. Informasi yang dibutuhkan untuk rental adalah lama sewa/rental, pengetikan, pengeprintnan, olah data, recovery data, scan virus. Sedangkan untuk lain-lain informasi yang dibutuhkan adalah penjilidan, plastik cover. Model pengambilan keputusan yang digunakan adalah pengambilan keputusan secara langsung oleh pihak operasional tersebut. Manfaat yang dapat diberikan sistem informasi terhadap pengambilan keputusan adalah dapat mengurangi beban yang dimiliki pihak operasional dalam mengambil keputusan untuk melakuakan transaksi.

Layanan rental ini mendapatkan informasi dari konsumen berupa kebutuhan pelayanan dengan hal tersebut konsumen mendapatkan kepuasan pelayanan dan nota pembelian. Untuk pemilik layanan ini memberikan laporan bulanan berupa laporan penjualan dan laporan keinginan konsumen. Karyawan juga mendapatkan laporan pembelian konsumen dan kompalin dari konsumen. Selain itu juga ada pihak lain yaitu penyuplai kertas dan tinta yang membutuhkan informasi kebutuhan bahan dan pihak penyuplai dapat memberikan pemenuhan kebutuhan. Dan satu lagi pihak yang bersangkutan adalah pihak maintenance yang membutuhkan laporan kerusakan peralatan dan sebagai imbal baliknya pihak tersebut memberikan laporan hasil perbaikan.


RENCANA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

Tujuan Pengembangan Sistem Informasi

Tujuan yang hendak dicapai dalam laporan ini adalah mengkomputerisasi dan mendokumenkan segala transaksi baik dengan konsumen maupun pihak distributor penyuplai bahan ataupun pihak maintenance dalam lingkup rental komputer dan . Hal ini dikarenakan melihat dari kondisi kita yang berada pada lingkungan kampus yang mana terdapat banyak sekali rental komputer dan dan kebanyakan dan bahkan semua menggunakan sistem informasi yang manual untuk melakuakan transaksi. Penulis berharap agar program yang dibuat dapat bermanfaat bagi pemilik rental komputer.


Informasi yang Dibutuhkan dalam Pengambilan Keputusan

A. Bentuk Informasi

Bentuk informasi yang dapat diberikan adalah struk penjualan atau nota dan laporan bulanan dari penjualan atau pemakaian jasa komputer untuk rentalan. Ada juga informasi yang diberikan kepada konsumen yaitu kepuasan konsumen.hal ini ada karena konsumen memberikan informasi berupa kebutuhan pelayanan. Dari sini karyawan mendapatkan informasi berupa komplain konsumen dan laporan pembelian konsumen serta pemilik mendapatkan informasi berupa laporan penjualan dan laporan keinginnan konsumen yang belum ada di pelayanan rental komputer tersebut. Selain itu untuk pengembangan selanjutnya ada informasi imbal balik yang terjadi yaitu laporan kebutuhan bahan dan laporan pemenuhan bahan dari dan ke penyuplai bahan. Ada juga informasi imbal balik dari dan ke pihan maintenance berupa informasi laporan kerusakan dan laporan perbaikan.

B. Sumber Data

Sumber datanya berasal dari konsumen dan karyawan, Layanan Jasa Rental, Jasa Ketikan Karyawan, produk penjualan, faktur penjualan, faktur ketikan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang didapatkan dari laporan ini antara lain: Dengan menggunkan program aplikasi ini dapat mempermudah dalam penyajian informasi data konsumen, data karyawan, data transaksi, data layanan dan data alat.Dapat mengurangi penggunaan waktu, tenaga, biaya dan tempat penyimpanan berkas.Dari hasil keluaran dapat dilihat konsumen yang pernah melakukan transaksi, jumlah transaksi, jenis transaksi yang dilakukan dan jumlah transaksi.

Saran

Saran yang dapat diberikan antara lain: 1. Sebaiknya sistem manual pada rental “SABANG COMPUTER” tersebut diganti dengan sistem informasi yang terkomputerisasi karena akan sangat membantu kerja para karyawan disana. 2. Memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang aplikasi SIM untuk mempermudah dan mempersingkat dalam proses pengerjaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar